0
Oleh Yedija Pramudya Wardhana

Makalah ini ditulis sebagai tugas ujian akhir semester 5 dari mata kuliah Teologi Agama-Agama yang diampu oleh Pdt. Wahyu Nugroho, S.Si., MA. Berjudul, "Pendekatan Teologi Agama-Agama Bagi Konteks Gereja Lokal atau Sinode,"

Pembahasan makalah ini berkaitan mengenai pendekatan teologi agama-agama bagi gereja lokal. Saya ingin memaparkan pendekatan teologi agama-agama yang dilakukan oleh gereja dalam berdinamika dengan liyan untuk menciptakan kerukunan antar umat beragama. Gereja yang dimaksud adalah sinode Greja Kristen Jawi Wetan dan tempat penulis dalam melaksanakan Stage 1 yaitu di GKJW Jemaat Mojoagung, Jombang, Jawa Timur.

Kita tahu Jombang dikenal sebagai Kota Santri karena banyak sekali pondok pesantren yang berdiri dan menjadi basis utama dari Nahdlatul Ulama di Indonesia. Dengan demikian gereja yang ada di Jombang khususnya GKJW menjadi poros utama untuk melihat kerukunan antar umat beragama. Maka dari itu, penulis merasa bahwa melalui konteks GKJW Mojoagung ini dapat digali lebih dalam lagi dalam ranah akademik dan bisa menjadi rujukan untuk mempelajari kerukunan umat beragama yang ada di Indonesia.


Selengkapnya klik di sini.

Post a Comment

 
Top